Pantas P. Sihombing

Direktur
PT. Eka Dharma Jaya Sakti

Bapak Pantas Parluhutan Sihombing - siapa yang tidak mengenal sosok beliau. Saat ini beliau menjabat Direktur PT. Eka Dharma Jaya Sakti. Untuk membangun perusahaan PT. Eka Dharma Jaya Sakti hingga menjadi besar seperti sekarang ini, maka tidak lepas dari peran seorang pemimpin yang memiliki cita-cita tinggi ke depan. Demikian harapan beliau yang biasa dipanggil dengan nama Pak Sihombing, motivasi dan kerja keras adalah modal utamanya. Beliau lahir di Sumatra Utara tepatnya kota Siborong-borong pada 58 tahun yang lalu. Beliau mengawali karirnya di PT. Eka Dharma Jaya Sakti pada tahun 1984 sebagai Part Supervisor, Beliau memiliki peran penting semenjak PT. Eka Dharma mulai berdiri dan menjadi besar hingga saat ini. Berlatar belakang Teknik Mesin Universitas Tridharma Balikpapan Beliau juga sebelumnya sudah pernah berkarir di PT. Petrosea (1976 – 1978) dan PT. HH International (1978 – 1984).

 Saat masih muda beliau memiliki cita-cita yang tinggi, Beliau selalu berpikir bahwa ia harus bekerja keras demi memperbaiki kehidupannya mendatang dan bisa menjadikannya lebih baik. Sekaligus bagaimana juga beliau harus bisa membahagiakan ke dua orang tuanya dan anak-anaknya kelak.

“Pendidikan, kedisiplinan dan kejujuran merupakan hal yang penting. Hal ini yang saya tanamkan kepada anak-anak saya sedini mungkin”, ucap Bapak dari 5 orang putri dan 1 orang putra ini.

Seorang pemimpin harus dapat menjadi role model bagi semua stafnya, hal ini penting dalam menjalankan peran sebagai seorang pemimpin. Tanpa disadari seorang pemimpin akan menjadi figur bagi semua staf dan karyawannya yang kesemuanya akan saling mempengaruhi dalam teamwork untuk mencapai tujuan bagi seluruh stake-holder. Dengan demikian kewajiban pertama adalah melakukan pengembangan bagi dirinya sendiri. Demikian juga kedisiplinan dan kejujuran yang mana menurutnya hal itu harus bisa ditunjukkan kepada semua lapisan staf dan karyawan sehingga tercipta integritas yang tinggi dan attitude yang baik.

“Saat menemukan staf yang memiliki bad attitude atau performa yang rendah, jangan kita jauhi, namun tugas kita sebagai leader untuk senantiasa membimbing dan mengembangkannya hingga ia mampu mencapai kompetisi yang dibutuhkan,” tambah Pak Sihombing, karena pemimpin juga harus mempunyai peran sebagai pembimbing (Coacher) kepada semua staf dan karyawannya.

Harapan ke depan PT. Eka Dharma Jaya Sakti akan terus berkembang menjadi perusahaan yang mapan dan merupakan mitra bisnis utama di semua semua sektor industri, seperti industri pertambangan, perkayuan dan di industri-industri lainnya, baik itu di tingkat regional maupun nasional. Demikian impian dari Bapak Sihombing sekaligus berharap agar bisnis pertambangan batu bara segera membaik.