Tips & Hints

PETUNJUK MENGEMUDI VOLVO FM TRUCKS

PETUNJUK MENGEMUDI SECARA UMUM

 1. Aturlah posisi tempat duduk anda merasa nyaman dan dapat menjangkau semua switch dan control. Periksa dan setel kaca spion anda.
 2. Pastikan semua lampu peringatan bekerja normal setelah menghidupkan mesin dan ketika mengemudi. Bila ada lampu peringatan yang menyala selama mengemudi, hentikan truck dan periksalah penyebabnya dan laporkan kepada Supervisor anda.
 3. Jangan memacu mesin dalam keadaan dingin. Tidak perlu menginjak pedal setelah engine dimatikan.
 4. Pertahankan kecepatan mesin pada daerah hijau pada Tachometer, ini akan membuat mesin bekerja pada speed range yang effectife (ekonomis).
 5. Harus diperhatikan dengan baik jika menuruni bukit ketika menggunakan exhaust brake. Pastikan tidak terjadi overspeed pada mesin.
 6. Jangan pernah mengemudikan unit jika lampu peringatan untuk brake sistem menyala.
 7. Jangan pernah memaksakan putaran dari steering untuk memaksakan roda depan ketika mereka terkunci sesuatu seperti lubang, batu dan trotoar.
 8. Jangan mengemudi dengan posisi kaki selalu pada pedal clutch. Hindari putaran slip pada clutch transmisi selalu memberi anda kesempatan menggunakan perseneling yang tepat setiap saat.
 9.  Selalu menggunakan Torque Start Facililty, ini akan membuat kelembutan dalam mengemudi. Dan aman untuk clutch, transmisi dan drive line.
 10. Jangan memompa atau menahan accelerator pedal ketika mengganti perseneling karena transmisi mempunyai sistem full synchronized dan tidak memerlukan tambahan putaran mesin.
 11. Selalu mengikuti prosedur ketika mematikan mesin. Beri waktu sekitar 3-5 menit setelah beroperasi, ini akan mencegah penekanan panas dan untuk pendinginan dari komponen.
 12. Ketika meninggalkan kendaraan pastikan kunci kontak berada pada posisi 0 (off), parking brake aktif dan gear lever dalam posisi netral.