Final Tingkat Nasional Volvo Trucks Driver Challenge 2018 di Jakarta

Category: NewsPublished: Thursday, 02 August 2018 06:18Written by Marketing SupportHits: 180PrintEmail

Driver Challenge 2018, akhirnya sudah mencapai tahap final tingkat nasional setelah penyelanggaraannya dilakukan di beberapa tempat di seluruh Indonesia. Ajang final ini diiikuti oleh finalis terbaik dari berbagai perusahaan pengguna Volvo Trucks. Lokasi Kompetisi diselenggarakan di Sentul Kota Jakarta (26/7/18) dengan tema yang diusung adalah “The Driver Makes the Difference”.

Driver Challenge sebenarnya adalah regenerasi dari kompetisi Fuelwatch yang sudah terselengara ditahun-tahun sebelumnya. Poin utamanya adalah efisiensi bahan bakar, skill mengemudi, keselamatan dan keterampilan pengemudi dalam mengoperasikan truk. Sedangkan tujuannya mengangkat peran pengemudi truk untuk mempromosikan kebanggaan profesional dan menekankan pentingnya mengemudi secara efisien sehingga memberikan peningkatan penghematan anggaran.

Oleh Bambang Prijono, selaku CEO PT. Wahana Inti Selaras (Indomobil Group) mengatakan bahwa kompetisi tahun ini berusaha melakukan simulasi terhadap tantangan kerja yang biasa dilakukan oleh pengemudi sehari-hari. ”Oleh karena itu, kami menambahkan beberapa elemen baru untuk menyegarkan kompetisi ini. Kedelapan pengemudi ini harus menyetir Volvo FM370 (on road) dan Volvo FMX400 (off road) menempuh perjalanan sejauh 7 kilometer dengan misi untuk mencapai 5 pos pemeriksaan dalam waktu 45 menit. Semua ini harus dilakukan dengan menggunakan bahan bakar sesedikit mungkin. Untuk memenangkan kompetisi ini, para pengemudi harus menyetir dalam kondisi sangat terencana, memahami segala kondisi yang bisa/mungkin mereka temui dengan cara paling hemat bahan bakar,” jelas Bambang Prijono.

”Mengemudi kendaraan berat memang membutuhkan keterampilan khusus, tetapi mengemudi dengan efisien adalah sebuah bentuk seni. Volvo Trucks Driver Challenge menjadikan para pengemudi ini sebagai fokus khusus dan menguatkan kembali pentingnya pengemudi yang terampil dan kompeten. Ini penting bagi pemilik Volvo Trucks kami, karena teknik mengemudi yang efisien akan berdampak langsung pada keuntungan mereka, ungkap Jurn Terpstra, Managing Directror Volvo Trucks Indonesia.

Jurn menambahkan, ”Dengan menyelenggarakan Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge, kami berkesempatan menunjukan deretan truk berkinerja tinggi milik Volvo bagi para pelanggan kami, serta menunjukan bagaimana pengemudi dengan keahlian tinggi seperti mereka bisa memberikan dampak positif dalam hal keselamatan, penghematan bahan bakar dan produktivitas truk. Melalui Driver Challenge ini, kami ingin mendemonstrasikan bagaimana truk-truk Volvo akan mengantar para pelanggan kami, para pengemudi dan dunia industri di Indonesia pada kemajuan.”

Lebih dari 100 peserta telah berpartisipasi di babak kualifikasi dari berbagai tempat di Indonesia yang pada akhirnya menyisakan 8 finalis, kemudian berkumpul di Sentul untuk melanjutkan perjuangannya menjadi yang terbaik. Poin yang dinilai adalah berdasarkan penghematan bahan bakar, kemampuan bermanuver dan kemampuan menjaga keamanan truk. Pemenang akan dipilih dari pengemudi yang mendapatkan skor kombinasi tertinggi baik dari kategori on-road maupun off-road.

Setelah melaui kompetisi yang cukup berat, Rivaldi dari PT. Thiess Contractor Indonesia akhirnya berhasil menjadi pemenang dan membawa pulang gelar Pengemudi Truk Volvo terbaik di Indonesia tahun 2018. Dengan demikian, Rivaldi berhak mewakili Indonesia di World Final Driver Callenge di Gothenburg, Swedia di Bulan September yang akan datang. ”Saya tidak percaya bisa memenangkan kompetisi ini. Memang pada dasarnya saya selalu sadar untuk tidak sembarangan saat menggunakan bahan bakar dan saya senang ternyata kebiasaan ini banyak manfaatnya. Saya akan terus berlatih agar bisa memberikan yang terbaik bagi Indonesia di Final Kejuaraan Dunia nanti,” ungkap Rivaldi.

Final Vista 2017 - 2018 Goes to Curitiba

Category: NewsPublished: Thursday, 02 August 2018 06:03Written by Marketing SupportHits: 173PrintEmail

Vista World Final 2017-2018 Goes to Curitiba – Kompetisi Vista babak final tingkat global telah di selenggarakan di Kota Curitiba, Berazil pada 25 Juni 2018. Kompetisi diikuti oleh 40 tim terbaik dari seluruh dunia, diantaranya ada dua tim asal Indonesia.

Kedua tim Indonesia ini adalah Red Borneo dan Mulawarman yang keduanya merupakan tim dari PT. Eka Dharma Jaya Sakti (EDJS) yang berhasil menjadi juara 1 dan 2 pada kompetisi semi final Vista yang digelar di Gothenburg, Swedia (24/4/2018) untuk tingkat South East Asia (SEA) atau regional Asia Tenggara.

Adapun peserta dua tim tersebut diantaranya, dari Tim Red Borneo: Hamzah, Randy Paltor, Imam Wahyudi dan Imam Muslim, dan Tim Mulawarman: Wahyudi, Dedy Susilo, Mustofa dan Mardian Saputra. Komposisi peserta dari kedua tim ini berasal dari beberapa Departemen berbeda, diantaranya Departemen Parts, Workshop & Field Service, Comex, Technical & Warranty dan Product Support. Sebelumya rangkaian simulai kompetisi seperti Bootcamp, self study dan discussion group sudah dilakukan sebagai persiapan dalam menghadapai Vista World Final ini.

Kompetisi Vista merupakan kompetisi yang menitik beratkan pada penyelesaian dengan tepat serangkaian masalah teknis baik pada truk Volvo, bus Volvo, Mesin Volvo maupun komersial. Kerja sama anggota dalam tim merupakan modal utama dalam memecahkan serangkaian ujian yang diberikan. Ujian ini dibagi menjadi beberapa session yang di dalamnya terdiri soal teori dan juga praktik.

Ajang Vista World final tahun ini cukub berbeda dan dapat dikatakan lebih besar dari kompetisi di tahun-tahun sebelumnya, hal ini karena ada tiga alasan diantaranya :

  • Untuk pertama kalinya final akan mencakup 40 tim. Dari beberapa tahun terakhir yang diadakan ada 32 tim.
  • Untuk pertama kalinya final diadakan di luar Gothenburg. Final dilaksanakan di Curitiba, Brasil.
  • Untuk pertama kalinya semua aksi disiarkan LANGSUNG di Facebook. Anda dapat mengikuti dan mendukung semua tim dengan masuk dan mengikuti tindakan (https://www.facebook.com/VISTAworldchampionship/).

Setelah memlaui serangakain ujian yang cukup berat, akhirnya kompetisi dimenangkan oleh tim Viies Ratas Asal Estonia dengan total nilai terbaik mengalah 40 tim lainnya. Tim Viess Ratas, dengan demikian berhak membawa pulang gelar The Winner Volvo Vista 2017-2018.

Kompetisi vista telah menjadi media untuk mengkampanyekan pentingnya kinerja. Hal tersebut disimulasikan dalam penyelesaian tugas yang beragam, dimulai dari bus, truk, mesin, komersial dan bahkan VR. Dengan adanya event seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan semangat terutama karyawan PT. EDJS, khususnya mekanik untuk dapat terus belajar dan meningkatkan kompetensi diri mengenai produk Volvo.

Volvo Trucks Driver Challenge Digelar di Sulut

Category: NewsPublished: Monday, 25 June 2018 09:04Written by Marketing SupportHits: 259PrintEmail

PT. Eka Dharma Jaya Sakti selaku dealer Volvo Trucks untuk Kalimantan dan Sulawesi kembali menggelar Volvo Trucks Driver Challenge di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Driver Challenge merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Volvo Trucks sejak 2010 silam, tujuannya untuk menentukan driver-driver terbaik untuk mengoperasikan Volvo Trucks.

Di Sulut sendiri, kompetisi ini dipusatkan di PT. Manado Karya Anugrah (MKA), di Likupang Kabupaten Minahasa Utara.

Leader Volvo Trucks Driver Challenge Sadariatha Girsang mengatakan, kompetisi bergengsi ini diawali dengan transfer ilmu bagi setiap supir truk yang menjadi peserta pada 14 Mei 2018. “Saat membawa kendaraan peserta dituntut mampu menampilkan keahlian mengemudi truk sesuai medan, sehingga mampu menghemat bahan bakar,” jelas Girsang.

Keesokan harinya, 15 Mei 2018, dilanjutkan dengan praktek dengan penilaian teknik pengoperasian dan pemakaian bahan bakar yang paling irit.

Adapun peserta yang ikut berjumlah sembilan orang, tiga orang di antaranya lolos ke babak final. Jimi Pontoh berhasil menjadi pemenang dengan penggunaan bahan bakar paling irit. Jimi akan mewakili akan dibawa PT. Eka Dharma Jaya Sakti mewakili regional Kalimantan dan Sulawesi berkompetisi di tingkat nasional Bulan Juli 2018 di Jakarta mendatang.