Final Indonesia Fuelwatch 2017

PrintEmail

Kompetisi tahunan ajang hemat bahan bakar Volvo Trucks untuk yang ketujuh kalinya kembali digelar. FuelwatchChallenge adalah sebuah tantangan adu irit bahan bakar bagi para pengemudinya. Kompetisi secara nasional ini digelar pada 17 Mei 2017 di area ParamountLand, Bumi Serpong Damai, Tangerang dengan membagi klasemen kelompokmedan On-Road dan kelompok medan Off-Road.

 Kejuaraan diawali melalui serangkaian kompetisi di setiap perusahaan-perusahaan pelanggan pengguna Volvo Trucks yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, tepatnya wilayah Kalimantan, Jawa dan Sumatra yang sudah berlangsung sejak Februari 2017. Total ada tujuh perusahaan pelanggan yang dipilih dan ikut serta untuk merebutkan posisi puncak.

Singkatnya pada ajang kejuaraan ini secara bergilir setiap peserta mengendarai unit Volvo Trucks yang sama, kemudian mengendarai dan menelusuri medan yang sudah ditentukan. Panjang medannya adalah sepanjang 8,25 Kmdi area aspal untuk kelompok On-Road, sedangkan pada kelompok Off-Road panjang lintasannya adalah 3 Km. Setiap finalis diuji melalui penguasaan teknik berkendaranya, keterampilan dan disiplin dalam menangani truk, sehingga melalui kemampuan dan keahlian mereka ini maka akan tampil seberapa besar nilai hemat bahan bakar yang diperoleh.

Pengukuran besaran nilai irit bahan bakar ini menggunakan aplikasi Dynafleet, di mana dibagi berdasarkan 4 kategori utama, yaitu pengereman, adaptasi kecepatan, penggunaan gear, mesin dan dalam keadaan idle.

“Setiap tahunnya, penyelenggaraan acara Volvo TrucksFuelwatch merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh para pengemudi di seluruh dunia. Tahun ini, kami mempersiapkan para pengemudi dengan keterampilan dan training yang lebih intensif lagi untuk mengatasi tantangan pertandingan di ajang Asia Pacific, September mendatang”, jelas JurnTerpstra, Direktur Marketing Volvo Trucks Indonesia.

Selesai melalui serangkaian tahap kompetisi, pemenang pun diperoleh, yakni pada kategori On-Road adalah M. Faktur Rohman dengan perolehanbesaran nilai bahan bakar sebanyak 1,4% lebih hemat dibandingkan dengan peserta lainnya. KemudianOff-Road adalah Angel Karapang dengan hemat sebesar 23% daripada lawannya.

Dengan demikian kedua pemenang ini berhak dan mendapatkan tiket untuk melaju ke final Fuelwatch Asia Pasifik yang akan diselenggarakan di Swedia bulan September 2017 mendatang.Kedua pemenang ini akan berhadapan dengan finalis-finalis yang berasal dari wilayah regional negara-negara Asia Pasifik untuk memperebutkan tiket Grand Final Global Fuelwatch 2017. Tahun ini, untuk wilayah Asia Pasifik peserta yang terdata yang ikut serta pada acara Fuelwatch ini adalah sebanyak 17.000 peserta.

Berikut nama-nama peserta yang mengikuti Indonesia Final Fuelwatch 2017 :

Kategori Off-Road :

  1. Angel Karapang, PT. Artha Mineral Resources
  2. Fajar Triyana, PT. Putra Perkasa Abad
  3. Semi, PT. Ryan Eka Pratama
  4. Sugandi, PT. Arief Nusa Raya Kategori

On-Road :

  1. Sukar, PT. Terminal Peti Kemas
  2. M. Faktur Rohman, PT. Calvary Abadi
  3. YoriAfrisandi, PT. PecTech Services

You have no rights to post comments