Departemen Training – sebagai upaya meningkatkan interaksi dan menjalin hubungan dengan baik antar karyawan di dalam sebuah perusahaan dan hubungan yang secara efektif dan efisien kepada customer sebagai pihak eksternal agar tercapai kepuasan pelanggan, Volvo Indonesia mengadakan Training Customer Service kepada karyawan-karyawan PT. Eka Dharma Jaya Sakti pada 25 Maret 2014 untuk kelompok frontliner dan 27-28 Maret 2014 untuk kelompok supervisi. Training diadakan di Training Center PT. Eka Dharma Jaya Sakti Balikpapan dengan terainernya Ibu Lusi Safitri yang berposisi sebagai  Commercial Competence Development Manager Volvo Indonesia. Training ini merupakan paket ke tiga dari Training Customer Service yang sudah terjadwal sejak diadakan di tahun 2013 untuk pertama kalinya.

Training ini berjalan dengan baik dan lancar dengan sasaran utama adalah staf dan supervisor dari setiap Departemen PT. Eka Dharma Jaya Sakti. Dikarenakan level yang berbeda dan lingkup kerja yang berbeda, Training dibedakan menjadi dua kelompok peserta demikian waktu pelaksanaannya. Tidak lupa juga diberikan pretest sebelum training dimulai dan postest saat training selesai, ini adalah latihan soal sebagaimana sistematika yang sudah diterapkan oleh Training Departemen untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan kemampuan peserta.  Selain menyampaikan materi, Trainer  juga menyisipkan semacam kuis dan tugas yang berfungsi untuk melatih para peserta dalam memecahkan sebuah masalah untuk

Isi daripada materi yang disampaikan adalah menjalin interaksi dan hubungan kerja sama yang baik antar karyawan sebagai pihak internal dengan pencapaian akhir secara eksternal pada kepuasan pelanggan. Objek utamanya antara lain pemahaman dasar tentang bagaimana memberikan pelayanan yang prima, pengetahuan dan kesadaran mengenai keterampilan terhadap dampak interaksi dalam kepuasan pelanggan, dan keterampilan dasar dalam menghadapi keluhan. Peserta dilatih mengenai pemahaman terhadap situasi dan kondisi sulit yang mungkin terjadi di tempat kerja, baik itu pada level frontliner seperti admin dan staf, dan supervisor selaku atasan yang memiliki tanggung jawab yang lebih tinggi dan berperan besar dalam membantu memecahkan di situasi masalah yang kemungkinan terjadi. Secara singkat elemen penting daripada  customer service ini sendiri antara lain hubungan baik dengan pelanggan, menghadapi dan mengatasi keluhan pelanggan,  memberikan informasi atau instruksi baik dalam bentuk lisan maupun tertulis, teknik mendengar dan bertanya, dan teknik bernegosiasi.

Sebagaimana tugas utama Customer Service adalah memberikan pelayanan yang prima dan menjalin hubungan baik kepada pelanggan, serta bertanggung jawab dari awal hingga berakhirnya pelayanan. Maka karyawan sebagai komponen yang saling berkaitan bisa saling berkaitan satu sama lainnya agar pelayanan yang diberikan benar-benar maksimal. Dengan pengaplikasian dan pengelolaan kerja sama yang baik, maka akan tercapai kinerja perusahaan yang kondusif dan pada akhirnya kepuasan pelanggan pun tercapai.